10 Januari 2010

Jalan lintas pantai Batubara terbenahi

LIMAPULUH – Jalan dikampung Sudah Hotmix mendapatkan peningkatan ruas jalan dalam APBD. Ruas jalan desa itu sebelumnya mengalami kondisi kerusakan parah sulit dilalui karena rata-rata berlubang dan sudah terbilang tahunan dirasakan masyarakat. Demikian dikatakan Mawardi, salah seorang warga desa Simpangsianam desa kecamatan Limapuluh, kabupaten Batubara.

''Saya saja sering mendorong kereta (sepeda motor) karena mengalami bocor ban akibat melindasi serpihan batu jalan yang rusak. Belum lagi musim panas badan jalan menebarkan abu yang dapat menimbulkan batuk maupun penyakit saluran pernapasan,” katanya.


Sedangkan di musim penghujan, lanjutnya, jalan berair dan becek sulit dilalui. Namun fenomena ini sudah berlalu dan arus transportasi kini mulai lancar karena ruas jalan sudah diperbaiki dan ditingkatkan dari aspal biasa menjadi hotmix sepanjang hampir 1 km menuju Desa Pematangpanjang,'' ujar Mawardi yang sehari-harinya bekerja sebagai penarik ojek (RBT).

Masyarakat menyambut gembira dengan dilakukannya peningkatan ruas jalan oleh Pemkab Batubara sebagai langkah mendukung roda perekonomian masyarakat.

Ruas jalan Simpangsianam desa Guntung merupakan salah satu dibenahi dalam APBD 2009 karena dapat menghubungkan jalan lintas pantai desa Perupuk dan Gambus Laut, kecamatan Limapuluh yang direncanakan sebagai pusat pemerintahan kabupaten Batubara menghubungkan ke Jalinsum lewat dari Simpang Gambus.

Begitu juga ruas jalan desa Perupuk sebagian telah dihotmix dan dibenahi bersamaan dengan jalan Manunggal desa Padang Genting dan Ujung Kubu, Suka Maju kecamatan Talawi dan Tanjungtiram yang bisa terus keluar ke Jalinsum Sei Balai dan Sei Bejangkar maupun ke jalan lintas pantai Air Joman dan Bagan Asahan Tanjungbalai.

Pembenahan jalan darat pada kabupaten pemekaran dari Asahan itu sudah mulai menunjukan kemajuan dalam satu tahun kepemimpinan OK Arya Zulkarnain, sebagai Bupati Batubara yang berhasil dipilih rakyat melalui jalur independen pada Pilkada 2008 lalu dan masih mempunyai waktu panjang untuk mengisi berbagai sektor pembangunan di Batubara agar dapat sejajar dengan kabupaten lain di Sumut sebagaimana harapan bersama.


Sumber:


http://www.waspada.co.id/index.php?option


0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template