25 Desember 2009

Manado tuan rumah muktamar XX Al-Washliyah

MEDAN - Kota Manado, Sulawesi Utara dipercaya sebagai tuan rumah Muktamar XX Al Jam'iyatul Washliyah yang akan berlangsung 26-28 Februari 2010.

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Al Jam'iyatul Washliyah, Aziddin, di Medan, tadi pagi, mengatakan, penunjukan Manado sebagai tuan rumah dengan beberapa pertimbangan.




"Pertimbangan utama adalah demi pengembangan Al-Washliyah di bagian timur Indonesia, karena selama ini terkesan lebih terpusat di bagian barat," katanya.

Apalagi dewasa ini masyarakat Manado terkenal dengan tingkat solidaritas beragamanya yang cukup tinggi, saling hormat-menghormati antarsesama pemeluk agama dan layak menjadi contoh bagi daerah-daerah lain.

"Keputusan Manado sebagai tuan rumah muktamar juga berdasarkan rapat pengurus PB Al Washliyah 19 Oktober dan 2 Nopember 2009," katanya.

Selain memilih personalia pengusus besar Al Washliyah periode berikutnya, muktamar juga akan memilih Ketua dan Wakil Ketua Dewan Fatwa PB Al Washliyah.

Menurutnya, ada beberapa agenda yang akan menjadi pembahasan penting bagi peserta muktamar, yakni masalah pendidikan, dakwah, amal sosial dan pengembangan ekonomi umat.

"Sebagai organisasi Islam terbesar ketiga setelah Muhammadiyah dan NU, keempat agenda tersebut menjadi sangat krusial bagi kita. Apalagi kita tahu 30-40 persen masyarakat kita masih hidup di bawah standar kemiskinan," katanya.

Mengenai kriteria calon ketua PB Al Wasliyah kedepan, katanya, semua itu tergantung hasil muktamar.

Menurutnya, ke depan Al Washliyah harus dipimpin figur yang memiliki sifat-sifat Nabi Muhammad SAW, yaitu tabligh (menyampaikan), siddiq (jujur dan adil), amanah (dapat dipercaya) dan fathonah (cerdas).
(dat07/ann)Sumber:http://waspada.co.id/index.php?option

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template