22 Desember 2009

Tahun 2010, UN Pasti...

Perasaan cemas dan harap, para siswa yang selama ini terombang-ambing, tak tentu arah, sudah sampai dan jelas muaranya. Sudah dipastikan,berdasarkan kesepakatan bersama (BSNP, Depdiknas, dan Depag) diputuskan jadwal Ujian Nasional tidak lama lagi akan dilaksanakan. Adapun jadwalnya sebagai berikut:
1.SMA/MA : 20 s/d 24 April 2009
2.SMP/MTs : 27 s/d 30 April 2009
3.SD/MI : 11 s/d 13 Mei 2009
4.SMK/SMALB : 20 s/d 22 April 2009
Adakah pelaksanaan UN pada tahun ini membuat kita frustasi atau tertantang?

Memang selama ini, ujian merupakan momok yang sangat menakutkan bagi para pelajar disemua tingkatan. Kenapa tidak? Dengan hanya proses yang dilakukan selama empat sampai lima hari inilah yang menentukan, apakah seorang siswa itu berhak untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi atau tidak, mengantongi ijazah atau tidak.
Atas dasar inilah, banyak pihak yang menggugat pelaksanaan ujian nasional.


Ada banyak faktor yang menyebabkan adanya penolakan terhadap ujian nasional. Diantaranya adalah menyamaratakan standarisasi kelulusan antara siswa yang berada dipedesaan atau didaerah terpencil dengan siswa yang berada diperkotaan yang notabenenya adalah mereka yang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap.
Ditambah lagi adanya kemungkinan bahwa kelulusan siswa hanya disebabkan karena keberuntungan.Artinya seorang siswa yang bodoh bisa saja lulus ujian nasional karena hanya menebak huruf-huruf pilihan jawaban yang ada pada lembaran jawaban yang disediakan.


Namun, walaupun begitu, kita juga harus mengerti kehendak pemerintah. Hingga saat ini pemerintah kita memiliki kemauan yang tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dinegeri ini. Selain dengan menaikkan anggaran pendidikan sampai 20% dari APBN, melakukan sertifikasi terhadap guru dan dosen, juga tidak ketinggalan, ujian nasional ini dijadikan salah satu tehnik untuk tujuan tersebut.


Harapan kita, untuk tahun ini, para siswa harus siap dengan ujian nasional. Belajarlah dengan tekun dan rajin, serta berdoa kepada Tuhan, semoga titik aman ini dapat dilewatkan dengan sukses, sehingga dapat melanjutkan ke titik aman yang berikutnya. Ketetapan pemerintah untuk melaksanakan ujian nasional kita jadikan sebagai suatu tantangan yang mengasyikkan, sehingga kita tidak terlena dibuai oleh kesibukan yang tidak berarti dalam masa usia belajar. Apalagi dizaman globalisasi, teknologi dan informasi saat sekarang ini, sarana yang menunjang kearah sikap hidup santai dan melupakan waktu yang bermanfaat begitu deras menerpa para pelajar. Diperlukan kearifan untuk menghadapi itu semua. Minta tolonglah anda dengan shalat dan kesabaran.



0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template